Ilustrasi /Google (Net)

YAHUKIMO_AKURATPAPUA.COM -- Dekai, 2 September 2021, pada kamis malam pukul 4 subu, TNI-POLRI menangkap 6 orang masyarakat sipil di yahukimo.

Sebelumnya polisi mendatangi rumah korban, Mekison Molama, menggunakan degan 4 mobil tepatnya di jln. Marten indei  di depan gereja GIDI Elisa, kab. Yahukimo. Setelah tiba polisi melakukan aksi penembakan terhadap warga sipil, Senat Soll tertembak kaki bagian kiri dan tangan bagian kanan," jalasnya.

Kronologis kejadian adalah di kediaman bapak Mekison molama di kali biru tempat tinggal warga sipil termasuk Senat Soll namun ada orang yang tak dikenal (otk) menduga bahwa tempat tersebut tempat persembunyian pasukan TPNPB-OPM,"terangnya.

Selanjutnya, pasukan TNI/POLRI melakukan operasi dalam markas yang sedang mereka tinggal itu dan TNI/POLRI kepung rumah dan angkut warga sipil yang tinggal dirumah itu.

"Pada pukul 5:10 itu TNI/POLRI masuk ke rumah mereka lalu angkut warga sipil yang menduga pasukan TPNPB, sehingga tangkap semua dan mantan anggota TNI senat Soll tersebut dapat tembak dibagian tangan kanan dan bagian kaki kiri,

Namun jam 5:25 itu TNI/POLRI melakukan evakuasi korban luka tembak dan beberapa masyarakat sipil lainnya bawah ke polres Yahukimo. Lalu 5:40 itu TNI/POLRI membawah senat Soll yang di lukai itu antar ke rumah sakit daerah (RSUD) dekai kab. Yahukimo,

Sementara itu posisi senat Soll masih ada napas sehingga saat ini TNI/POLRI tidak izinkan pihak keluarga korban masuk kedalam rumah sakit kab Yahukimo.

Selain itu pada pukul 9 : 00 Senat Soll belum sadar normal namun TNI/POLRI melepaskan bakas dari rumah sakit dekai bawah ke polres Kab. Yahukimo dan posisi sekarang Senat Soll ada di Mapolres Yahukimo,

Pasukan Masyarakat sipil lainnya yang dapat tangkap itu posisi mereka ada interogasi di polres Yahukimo.

Adapun Nama Nama yang ditangkap adalah sebagai berikut: 

1. Mekison Molama (pemilik rumah)
2. Sapuk Itlai
3. Abet Molama
4. Anias Yalak 
5. Pilias Matuan
6. Epias Yalak

Dekai, 02 September
Sumber: Akun Facebook milik Wimatok Elmas
Editor: (JT)